Head Image

Cara Membangun Kerja Sama Tim Kerja

Cara Membangun Kerja Sama Tim Kerja. Dalam dunia kerja tim ada hal-hal yang perlu diingat bahwa bekerja dalam tim bukan lah pekerjaan yang mementingkan diri sendiri dan mencapai tujuan/misi pribadi. Kekompakan dan mempunyai tujuan yang sama adalah salah satu kunci mencapai kesuksesan saat bekerja dalam tim. Berikut ini akan di paparkan beberapa hal terpenting yang perlu di terapkan sebelum bahkan saat bekerja dalam sebuah tim kerja sekalipun.
  • Mengenali diri dan kemampuan pribadi masing-masing - Sebelum memulai bekerja dalam tim, ada baiknya kenali dulu diri anda sendiri, seberapa jauh kemampuan anda, minat, hoby dan kekurangan anda. Tahu diri adalah kunci utama agar anda bisa bekerja dengan baik.
  • Aktif - Selalu aktif dalam berinteraksi dengan rekan kerja, janganhanya menunggu untuk di suruh. Ide anda juga di butuhkan teman-teman tim anda.
  • Berpikir positif - Jangan biarkan diri anda memikirkan hal-hal buruk tentang orang lain yang sebenarnya tidak ada (berburuk sangka). Ini bisa merusak kerja sama tim, saling tidak percaya, dan membuat pikiran lelah karena hanya memikirkan keburukan orang saja.
  • Mampu mengenali diri orang lain - Tanamkan sifat peduli dan empati anda terhadap siapapun dan kenali pribadi rekan kerja anda kekurangan atau kelebihan misalnya, sehingga akan terjadi kedekatan emosional yang baik.
  • Saling percaya - Membangun sikap saling percaya dengan rekan tim adalah cara yang sangat efektif dalam meningkatkan kualitas kerja, anggaplah rekan anda mampu melakukan apa yang sesuai dengan tujuan utama tim.
  • Bertanggung jawab - Semua anggota tim haruslah bertanggung jawab sebagai mana fungsi mereka di dalam tim, baik pimpinan atau bawahan semua harus saling mempertanggung jawabkan peran mereka.
  • Komunikasi - Jagalah komunikasi yang baik satu sama lain, jika hanya dari satu arah ini akan memicu perpecahan dalam tim. Saling mendengarkan dan sama-sama membuat solusi diskusi akan meningkatkan kinerja tim.
  • Tidak menyepelekan kemampuan orang lain - Menghormati dan percaya atas kemampuan orang lain sehendaknya di terapkan dalam tim, kedekatan emosional akan membawa tim anda membangun kepercayaan satu sama lain tanpa harus meragukan kemampua mereka.
  • Sepakat dalam satu aturan - Buatlah sebuah aturan dalam tim yang isinya sudah di setujui atau di sepakati bersama, demi kelancaran kerja tim.
  • Menentukan tugas masing-masing - Ada baiknya tugas yang di berikan sesuai dengan keahlian masing masing agar menghasilkan peforma yang bagus untuk tujuan bersama tim kerja.
  • Pengambilan keputusan - Memutuskan hasil secara bersama dari permasalahan yang ada saat bekerja.
  • Tujuam bersama - Selalu ingat bahwa satu tim memiliki misi atau tujuan yang sama, jika tujuan masing-masing individu berbeda maka tak akan mendapatkan hasil yang baik dan memicu perpecahan dalam tim.
Sebenarnya masih banyak lagi Cara Membangun Kerja Sama Tim Kerja yang perlu di lakukan untuk menghasilkan kinerja yang maksimal dalam sebuah tim. Menjalin kedekatan emosional dengan rekan tim merupakan salah satu hal terpenting untuk mencapai tujuan yang maksimal, semoga tips ini bermanfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya.






Like FP kami di : www.facebook.com/an.Five.5
Tweeter : twitter.com/anFive_5

No comments:

Post a Comment